Kamis, 17 Juli 2008

Perjalanan 5 Hari di Afulu

Oleh: Carlos Sozi Halawa

Desa afulu, Lauru Fadoro, Sifaoroasi, Faekhuna’a, Harewakhe, dan Ombolata Afulu merupakan daerah coveran Program Siaga Bencana sekecamatan Afulu. Pada tanggal 26 Juni 2008, Cf dari Sirombu Sozi dan Nota di utus mewakili teman-teman Sirombu untuk studi banding di kecamatan Afulu.

Dalam perjalanan, kita menggunakan transport yaitu ojek, karena didesa sekecamatan Afulu sangat susah dan bahkan tidak ada bus yang masuk kesana. Sepanjang perjalanan kita terbebani dengan adanya tantangan yaitu kondisi jalan yang aspal lumpur. Apa hendak dikata dengan adanya motto E-Prep (PSB) “YA’AHOWU” yaitu Yakin, HOangga, WUasyiik. Sehingga tantangan dan beban dapat terlepas secara tidak langsung walaupun terasa berkeringat dingin. Ha…..ha….ha…..Sozi tertawa.

Setelah kita masuk di Kecamatan afulu,kita melampaui beberapa rumah,kemudian kita mendapatkan basecamp team afulu dengan suasana yang adem. Matahari mulai terbenam, jarum jam menunjukan pukul 18.00 wib, tiba-tiba basecamp Afulu mulai gelap sehingga kita tidak dapat melihat apa-apa lagi kecuali meraba, menyentuh, mendengar dan merasakan desahan nafas teman-teman. Dalam Bahasa Nias “bologo dodomi kawa, lohadoi fandruda bada’a, ha lilin sitola taoguna’o basohagaini dododa” (maaf kawan-kawan, lampu kita nggak ada, hanya lilin ini yang dapat kita gunakan untuk menerangi kehidupan kita setiap malam).

Dengan mendengar suara dari Charis Cf Afulu, kita merasa sedih yang tidak dapat diungkapkan lagi dengan kata-kata, dibandingkan dengan team yang disirombu dan Teluk dalam, dalam hati berkata “tolo dra talifusoma andre ama”. Matahari mulai terbit dan mulai pura-pura bergerak menuju desa lauru fadoro, kemudian desa Sifaoroasi dan Faekhuna’a. dalam perjalanan menuju desa ini, kami harus melewati pantai yang…wow…indahnya…asyik bangeet coy….
Dalam perjalanan ini selama lima hari ada enaknya dan ada pahitnya dengan PROGRAM SIAGA BENCANA……semuanya enjoy and fine-fine aja…………………………………………………..

Carlos Sozi Halawa
Cf. Sirombu

Tidak ada komentar: