Kamis, 17 Juli 2008

Program Siaga Bencana Tiada Banding

Oleh Markus S. Zebua

Kesibukan……
Keletihan……
Kelelahan…..
Itu yang saya rasakan,saya alami,saya lalui..hidup ini bekerja untuk dibuat senang dan membuat orang lain senang. Berbagai kegiatan yang kami lakukan dan telah membuat sebuah moment yang sangat indah bersama teman-teman.
Asyiiiiik buangggaet…
Membuat orang lain senang adalah pekerjaan yang sangat rumit dan sulit dilakukan. Bersama dengan teman-teman yang lain Sadar CF Telukdalam,Toro CF Afulu, Dian CF Sirombu membuat beberapa kegiatan, menjilid buku yang dikumpulkan berdasarkan pengalaman dari lapangan, membingkai foto kegiatan masyarakat. Kami membuat kegiatan tersebut di hotel Dian Otomosi Gunungsitoli, menghias, membuat berbagai pola penyusunan foto yang telah kami bingkai. Bersama dengan Asisten Program Manager, SCF Afulu Risna membuat tempat itu sebagai “Tempat Pameran Kegiatan Program Siaga Bencana”.
Sebanyak 80 lembar foto kegiatan masyarakat telah kami bingkai, 7 lembar peta bahaya desa yang dibuat oleh masyarakat dan beberapa poster yang dibuat oleh masyarakat. Sangat asyik dan menyibukan ketika suasana ruangan mulai kami hias dan pampang foto-foto kegiatan masyarakat. Berbagai pola penyusunan foto kami buat dengan menempatkan foto-foto tersebut sesuai dengan kegiatan apa yang pernah dilaksanakan oleh masyarakat. Mulai dai workshop tingkat kabupaten,tingkat kecamatan sampai pada tingkat desa, diikuti dengan assessment yang dilakukan oleh staf, community event, lomba untuk anak SD, kegiatan IDDR, sampai pada pertemuan dengan satlinmas tentang pembuatan rencana penanggulangan resiko bahaya desa.
Yakin amat bro…..
Sebuah suasana gedung yang kami jadikan sebagai tempat pameran kami sulap sedemikian indahnya, berbagai ide, pendapat kami satukan untuk memperindah tempat tersebut. Setelah selesai mempampang foto-foto tersebut dan menghias serta membersihkannya, dalam benak saya mengatakan usaha yang kami buat yang tidak masuk akal tersebut menjadi sebuah kenyataan. Saya sangat yakin usaha yang kami buat tersebut tidak sia-sia dan pasti akan membuat orang yang melihatnya akan terkagum-kagum dan terhipnotis.
Bangga jadi staf Program Siaga Bencana……
Tidak pernah ada program lain seindah program siaga bencana. Tau nggak…bahwa dalam program siaga bencana tersebut berkumpul orang-orang idealis, orang-orang ilmiah dan orang-orang intelek.
Selama satu minggu kami merencanakan dan membuat kegiatan tersebut hanya untuk membuat orang lain jadi senang, yaitu untuk menyambut kedatangan evaluator Mr. Mark dan Kathy yang datang dari AusAid. Evaluator bersama Program manager Mr. Jason Brown diarahkan oleh Ass. Program Manager Mr. Joseph Viandrito masuk ke tempat pameran. Mr. Brown mengucapkan selamat pada kami dan sekaligus bangga terhadap hasil kerja dari para eksekutor lapangan. Evaluator dari AusAid orangnya sangat ramah mualai menyaksikan kegiatan-kegiatan dari masyarakat melalui foto-foto yang kami pampang didinding. Tidak ketinggalan Hazard Map yang dibuat oleh masyarakat, dan evaluator meminta agar agar hazard Map tersebut dijelaskan satu persatu. Mulai dari peta bahaya Afulu, saya menjelaskannya sesuai dengan tujuan dari masyarakat dan daerah rawan yang telah ditandai oleh masyarakat sesuai dengan symbol-simbol yang ada. Setelah foto-foto tersebut dilihat dan disaksikan oleh evaluator, kami diwawancarai oleh para evaluator yang pada intinya tentang respon masyarakat tentang kegiatan program siaga bencana dan kerjasama team.
Para evaluator setelah selesai dari gunungsitoli langsung menuju Teluk Dalam.
Saya sangat senang atas hasil kerja keras kami tersebut, dalam hati bertanya “apakah ada program lain yang lebih asyik dari Program siaga bencana ?”

Markus S. Zebua
Cf. Afulu

2 komentar:

Anonim mengatakan...

YAAHOWU, Kalau menurut saya bukanlah hanya sekedar sapaan atau teguran biasa aja,
Dalam artian, Yaahowu adalah di ucapkan satu sama lain untuk memberi SELAMAT karena kebetulan di NIAS boleh dikatakan mayoritas beragama kristen, Jadi SELAMAT itu dalam artian sebenarnya saling memberkati,

Thanks
Sabar

Anonim mengatakan...

HI Semuanya,

SELAMAT TAHUN BBARU 2009,semoga semua dalam keadaan sehat dan sukses slalu.

Cheers,
Sabar